Karimunjawa Sudah Buka Kunjungan Wisata

Karimunjawa sudah buka kunjungan wisata. Akhirnya setelah lama pulau karimunjawa ditutup untuk wisatawan baik dalam maupun luar negeri dibuka kembali. Berita ini merupakan berita yang menggembirakan bagi wisatawan atau calon tamu yang seyogyanya sudah jenuh untuk berdiam diri dirumah karena pandemi Covid-19.

karimunjawa sudah buka kunjungan

Terlebih lagi bagi pelaku usaha di Karimunjawa tentunya. Pengumuman di bukanya kembali pulau Karimunjawa untuk kunjungan wisata menjadikan hal yang sangat menggembirakan. Setelah lebih dari enam bulan mati suri.

Bahkan Camat Karimunjawa juga ikut mengiyakan perihal berita tersebut. Beliau juga mengungkapkan bahwa pemerintah pusat khususnya Kementrian Pariwisata sudah mensurvei kondisi yang sedang dialami di Karimunjawa. Bahkan ada sinyal positif bahwa Karimunjawa sudah siap untuk dibuka.

Pantai Jepara Yang Buka Saat Ini

Namun, ada syarat-syarat yang harus diperhatikan oleh pelaku wisata baik Tour agen karimunjawa bagus, pedagang, petugas di lapangan. Dimana protokol Covid-19 harus benar-benar dilaksanakan dengan baik. Dan itu merupakan ujian tersendiri bagi semua pihak yang terkait dengan wisata Karimunjawa.

Pembukaan wisata Karimunjawa tidak lepas dari permohonan dari pelaku wisata baik agen wisata, masyarakat setempat. Karena wisata merupakan pendapatan utama penduduk disana. Oleh karenanya, pemerintah pusat sangat memaklumi hal tersebut. Apalagi, Pulau Karimunjawa merupakan salah satu tempat yang tidak terdapat pasien reaktif Covid-19.

Info Karimun Jawa

Semua pelaku wisata wajib mentaati ketentuan dan peraturan pengunjung Taman Nasional Karimunjawa. Hal ini dimaksudakan untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dan tentu saja agar Pulau Karimunjawa tidak menjadi tempat klaster baru penyebaran Covid-19.

karimunjawa sudah buka kembali

Adapun syarat ketentuan dan peraturan tersebut adalah :

  1. Pengunjung wajib menggunakan masker dan/atau face shield.
  2. Pengunjung wajib menunjukkan kelengkapan administrasi kepada petugas berupa tiket masuk (PNBP), Surat Bebas Covid-19 (hasil rapid atau swab tes) bagi pengunjung, asuransi kesehatan (optional) di pintu masuk kawasan.
  3. Pengunjung wajib mengikuti pengecekan suhu tubuh di pintu masuk sarana prasarana wisata dan lokasi strategis lainnya.
  4. Pengunjung wajib untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer sebelum memasuki sarana prasarana wisata atau melakukan kegiatan wisata.
  5. Pengunjung wajib mengikuti jalur antrian (masuk dan keluar) dan tanda jarak aman minimal 1 meter pada sarana prasarana wisata.
  6. Pengunjung wajib menjaga jarak aman dengan sesama wisatawan dan petugas
  7. Pengunjung wajib membawa botol minuman isi ulang sendiri.
  8. Pengunjung yang akan melakukan kegiatan dengan resiko tinggi seperti kegiatan snorkeling/penyelaman (diving), berkemah dan kegiatan sejenisnya yang memerlukan fisik prima harus membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab (bermaterai Rp. 6000) atas keselamatan, keamanan, dan kesehatan pengunjung.
  9. Pengunjung minat khusus selam dan snorkeling disarankan membawa peralatan sendiri atau peralatan snorkeling dan diving tidak boleh dipakai bergantian.
  10. Pengunjung minat khusus snorkeling dan selam tidak boleh meludah diperairan ketika sedang berada bersama pemandu atau wisatawan lainnya.
  11. Pengunjung berkemah hanya boleh mengisi tenda dengan jumlah orang dalam satu tenda dengan ketentuan 50% dari kapasitas normal.
  12. Pengunjung wajib mengikuti arahan dari petugas dan pemandu selama melakukan kegiatan wisata di Kawasan Taman Nasional Karimunjawa.
  13. Pengunjung harus membawa perlengkapan sholat sendiri (baju sholat, sadah, dsb)
  14. Pengunjung harus membawa sampahnya sendiri.

Namun apabila anda lupa jangan khawatir, Agen Tour Wisata Karimunjawa Bagus sudah mempersiapkan segalanya dilokasi karimunjawa. Karena kami juga terlibat langsung dalam permohonan pembukaan wisata. Yang artinya, kami juga harus siap dengan segala syarat yang diberikan pemerintah pusat.

karimunjawa sudah buka kunjungan wisata

Biaya ke Karimun Jawa sudah semestinya ada penambahan dibanding biaya sebelum Covid-19. Karena pengunjung wajib menyertakan keterangan bebas covid-19 bersamaan dengan tiket masuk karimun jawa.

Apabila anda berhalangan untuk tes covid-19 baik tes swab atau rapid test. Pihak dinas perhubungan laut di Dermaga Kartini sudah membuka pelayanan tes kesehatan tersebut, Dengan biaya mandiri sebesar Rp.150.000.

Tunggu apalagi, setelah anda jenuh kediatan dirumah saja saatnya anda berwisata kembali. Kami siap mengakomodir kegiatan anda di karimunjawa di tengah-tengah isu global pandemi covid-19.